6/06/2008

MOST WANTED ANIMAL



Name : Bekantan (kera belanda)
Ilmiah : Nasalis larvatus
Jenis : Monyet
Gol Darah : ...?...
Tinggi : 60 - 70 cm
Berat : 12 -24 Kg
Ciri fisik : warna kulit abu-abu kemerahan, hidung mancung, rambut cepak, ekor panjang, berbulu, pemalu, perut buncit, lebih senang berada di atas pohon.
Lokasi : Pulau Kambang, kalimantan Selatan
Status : Hampir kehilangan habitat, Terancam Punah di dalam IUCN Red List,Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I.
================......===================.....=================....=======



Populasi mereka makin berkurang, terdesak akibat makin bertambah jumlah manusia..
Bahkan paling menyedihkan adalah tempat kediaman mereka, pulau kambang di kalimantan selatan sudah tidak mampu lagi menjadi ‘life support’ dari kehidupan mereka.

Sekiranya mereka bisa protes..mungkin mereka akan melakukan protes terhadap kita, dan mungkin akan menjadi ‘headline’ pada seluruh koran dunia dan media tv, bahwa mereka yang pertama mendemo manusia atas dasar penzaliman terhadap umat bekantan.

Menjadi sebuah kebanggan bagi sebuah daerah bila memiliki maskot yang mungkin hanya dimiliki daerahnya, namun kadang kita lupa bagaimana untuk memperlakukan maskot itu sendiri sehingga bisa tetap menjadi maskot bagi daerahnya, inilah yang terjadi pada bekantan.. ketika sebuah kebanggaan mulai dilupakan dan tergeser oleh kebutuhan ekonomi, dimana masyarakat dihadapkan pada kebutuhan ekonomi bagi hidupnya dan menggeser keperdulian terhadap lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, bekantan sangat tergantung pada hutan, hutan adalah rumah bagi mereka dimana menjadi tempat untuk makan, berkembang biak dan membesarkan anak-anak mereka, namu sekarang hal itu semakin hari semakin berkurang seiring meningkatnya pertumbuhan manusia serta kebutuhanya.

Sampai dimanakah nasib bekantan....

0 comments: