1/02/2009

Theory of my thesis

Setelah kurang-lebih satu tahun menuntut ilmu kebumian di jogja..akhirnya sampai pada suatu akhir untuk membuat suatu tulisan sebagai salah satu syarat untuk lulus.
Mungkin untuk sebagian orang, menulis thesis hanya sekedar menata kata-kata yang sesuai dengan keadaaan berlaku di alam dan memperbandingkanya dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam ilmu..
Namun bagi aku, ini adalah sebuah bentuk idealisme teori pikiranku..
Sebuah teori yang mengkombinasikan ranah Geologi dan Tambang menjadi suatu kesatuan..
Sebuah teori yang mempertimbangkan aspek lingkungan..

Ide awal...
Dalam beberapa tahun terakhir, terutama sesudah masa reformasi bergulir di indonesia, semua orang memulai sebuah era keterbuakaan..
Dunia pertambangan tidak luput dari hal tersebut, semua orang mulai membicarakan tentang kerusakan lingkungan yang katanya diakibatkan oleh pertambangan
Salah satu bentuk kerusakan lingkungan yang banyak digembar-gemborkan adalah air asam tambang yang terbentuk sebagai akibat dari proses pertambangan
Dari sekian banyak tulisan-tulisan terdahulu, yang telah kubaca baik yang dipublikasikan maupun tidak...semua umumnya menjelaskan air asam tambang yang telah terbentuk..
Hal yang ingin ku angkat dalam thesisku, sebuah tulisan yang menjelaskan tentang bagaimana proses awal dari pembentukan air asam tambang tersebut..

Teori umum...
Air asam tambang atau Acid Mine Drainage (AMD) merupakan air yang bersifat asam (pH <>

0 comments: